10 HEWAN YANG ASLI DARI JEPANG

1. Bangau Mahkota Merah

Bangau Mahkota Merah adalah bangau besar yang dikenal sebagai simbol keberuntungan dan umur panjang di beberapa bagian dunia. Bangau Jepang adalah salah satu bangau Asia Timur yang paling langka. Nama mereka berasal dari sepetak kulit merah pada mahkota yang berubah lebih cerah selama musim kawin. Bangau Mahkota Merah berwarna putih salju dengan warna hitam di bagian bawah sayap. Laki-laki juga memiliki pipi hitam, tenggorokan, dan leher sedangkan perempuan berwarna abu-abu di tempat-tempat ini. Bangau ditemukan di Hokkaido dan sebagian besar non-migrasi. Mereka adalah omnivora dan memakan beras, wortel, dan tanaman air.

2. Beruang Hitam Ussuri

Beruang hitam Ussuri adalah subspesies beruang hitam terbesar di Asia. Ini asli ke Timur Jauh termasuk Semenanjung Korea. Beruang hitam Ussuri dinamai berdasarkan Sungai Ussuri yang mengalir melalui Rusia dan Cina. Memiliki kerah “bulan” putih atau krem yang umum pada beruang hitam Asia tetapi memiliki telinga yang lebih besar dibandingkan dengan spesies lain. Beruang jantan memiliki berat sekitar 200 kg sementara beruang betina memiliki berat 140 kg. Beruang hitam Ussuri menghabiskan sebagian besar musim dingin mereka di sarang dan sebagian besar aktif di malam hari. Beruang itu omnivora tetapi sebagian besar herbivora, memakan rumput, kacang-kacangan, dan rayap.

3. Singa Laut Stellar

Singa laut Stellar adalah spesies singa laut yang telah dikategorikan hampir terancam. Ini adalah yang terbesar dari segel bertelinga tetapi ukurannya lebih rendah di antara pinnipeds. Penurunan mereka yang signifikan dan tidak dapat dijelaskan baru-baru ini telah menarik perhatian yang cukup besar. Singa laut dewasa Stellar lebih ringan dari kebanyakan singa laut. Warnanya berkisar dari kuning pucat ke kuning kecoklatan dan terkadang kemerahan. Laki-laki dapat dibedakan dari perempuan dengan dahi yang lebih tinggi dan rambut yang lebih kasar di leher. Singa laut hidup di perairan pesisir karena iklimnya yang sejuk. Mereka terutama karnivora tetapi bisa menjadi mangsa paus pembunuh.

4. Kura-kura kolam Jepang

Penyu kolam Jepang adalah spesies penyu milik keluarga Geoemydidae. Ini endemik ke Jepang dan secara lokal dikenal sebagai “Nihon Ishigame”. Populasinya telah menurun secara signifikan selama dua dekade terakhir terutama karena hilangnya habitat. Namun, itu belum dinyatakan terancam. Kura-kura memiliki karapas berwarna coklat kekuningan dan kepala berwarna coklat zaitun. Betina lebih besar dari jantan dan bisa tumbuh hingga 21 sentimeter. Namun, jantan memiliki ekor yang lebih panjang. Makanan kura-kura kolam Jepang bervariasi dan termasuk katak, serangga air, berudu, dan cacing tanah.

5. Burung Pegar Hijau

Burung pegar hijau adalah endemik dan asli dari Kepulauan Jepang dan burung nasional Jepang. Ini terutama ditemukan di Honshu, Kyushu, dan Shikoku. Burung ini tersebar di seluruh jajarannya dan selalu dapat dilihat di lahan pertanian dan pemukiman manusia. Burung jantan hijau memiliki bulu hijau di dada dan panggulnya sementara betina memiliki bulu hitam kecoklatan. Jantan sedikit lebih besar dari betina. Di Jepang, mereka yang memiliki izin berburu diizinkan untuk berburu burung itu. Mereka dapat menangkap paling banyak dua burung jantan per hari. Namun, menembak burung betina tidak diizinkan.

6. Salamander raksasa Jepang

Salamander raksasa Jepang adalah endemik ke Jepang dan ditemukan di barat daya Jepang. Salamander dewasa dapat tumbuh sekitar 5 kaki panjangnya dan beratnya 55 pon. Salamander raksasa Jepang adalah amfibi terbesar kedua di dunia. Ini memiliki kulit coklat dan hitam yang diranggas yang membantu untuk kamuflase terhadap dasar sungai. Mata kecil dan tidak memiliki kelopak mata sementara mulut mengalir melintasi lebar kepala. Salamander raksasa Jepang melindungi dirinya dari pemangsa dengan melepaskan zat yang berbau susu. Makanannya terdiri dari serangga, ikan, dan katak.

7. Rusa Sika

Rusa Sika adalah spesies rusa asli dari bagian Asia Timur dan juga diperkenalkan di beberapa bagian dunia. Spesies ini sangat melimpah di Jepang. Nama “Sika” berasal dari kata Jepang “Shika” yang berarti rusa. Rusa Sika adalah salah satu dari beberapa spesies rusa yang tidak memiliki bintik-bintik pada saat mencapai kematangan. Beberapa spesies memiliki bercak besar sementara yang lain hampir tidak terlihat. Warna pelage berkisar dari mahoni ke hitam. Mantel gelap selama musim dingin. Ini terutama mencari makan di siang hari di pembukaan yang tidak merata di hutan.

8. Kera Jepang

Kera Jepang adalah jenis monyet terestrial. Itu juga disebut “salju monyet” karena menghuni daerah di mana salju menutupi yang tumbuh selama beberapa bulan dalam setahun. Monyet dimorfik secara seksual dengan jantan yang beratnya sekitar 11 kg sedangkan jantan yang beratnya 8 kg. Ini memiliki wajah merah muda dan posterior dengan seluruh tubuh ditutupi rambut abu-abu. Mantel disesuaikan dengan daerah dingin dengan ketebalan meningkat saat suhu menurun. Kera Jepang adalah omnivora, memakan varietas makanan termasuk 213 spesies tanaman, serangga, dan tanah.

9. Dugong

Dugong adalah mamalia laut dan salah satu spesies hidup dari keluarga Dugongidae. Ini adalah satu-satunya mamalia herbivora yang benar-benar ketat. Dugong memiliki tubuh besar dengan bentuk silindris yang meruncing di kedua ujungnya. Kulitnya tebal dan halus, warnanya pucat saat lahir dan menjadi gelap seiring bertambahnya usia. Tubuh memiliki rambut jarang yang terutama berkembang di sekitar mulut. Cacing ekor dan sirip menyerupai lumba-lumba. Duyung biasa ditemukan di perairan pantai yang hangat. Ini disebut “sapi laut” karena makanannya terdiri dari rumput laut. Dugong mencerna seluruh tanaman termasuk akarnya.

10. Kelinci Amami

Kelinci Amami adalah kelinci yang biasa ditemukan di Amani Oshima dan Toku-no-Shima di Jepang. Ini adalah sisa-sisa kelinci purba yang pernah menghuni daratan Asia. Kelinci memiliki kaki pendek dan kaki belakang. Tubuhnya tebal dan ditutupi oleh pelage tebal, berbulu, coklat tua. Kaki depan memiliki cakar yang kuat dan hampir lurus sementara yang di kaki belakang melengkung. Makanan kelinci Amami terdiri dari lebih dari 29 spesies tanaman termasuk semak dan tanaman herba.

Untuk informasi terkait lainnya, silahkan kunjungi liburan murah ke Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *