Apa itu Islam – Pengantar Singkat tentang Islam

Islam adalah agama iman dan salah satu agama yang paling cepat berkembang di dunia. Dengan berlalunya waktu, jumlah orang percaya agama ini meningkat sangat pesat. Untuk 1/5 dari populasi dunia, Islam adalah agama dan cara hidup yang lengkap. Orang-orang Muslim mengikuti agama damai, belas kasih, dan pengampunan. Seseorang harus ingin tahu apa itu Islam maka dia harus membaca Quran dan Hadis.

Satu Miliar orang dari seluruh dunia dengan berbagai ras dan kebangsaan memiliki keyakinan pada agama ini dan mereka dipersatukan karena kepercayaan mereka yang sama terhadap Islam. Saat ini Islam adalah agama universal dan memiliki pengikut dari semua jenis latar belakang etnis dan budaya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan pengantar singkat tentang Islam dan pada dasarnya apa itu Islam, karakteristiknya, pilar dan karakteristik doktrinnya.

Islam-Pendahuluan

Apa itu Islam? Islam berasal dari kata Arab yang berarti ‘ketundukan’, dan berasal dari kata yang berarti ‘Damai’. Dalam konteks agama, itu berarti tunduk sepenuhnya pada kehendak Allah SWT. Islam mengakui bahwa umat manusia memiliki pilihan bebas untuk mematuhi atau tidak menaati Allah SWT, tetapi pada akhirnya kita akan dimintai pertanggungjawaban kepada Allah SWT di kehidupan berikutnya untuk pilihan yang kita buat dalam hidup ini.

Berita Seputar Islami

Seseorang yang percaya dan dengan sengaja mengikuti Islam disebut seorang Muslim. Jadi, agama itu disebut “Islam,” dan orang yang percaya dan mengikutinya adalah “Muslim.” Sesuai keyakinan Muslim, Islam adalah agama terakhir yang Allah SWT telah kirimkan untuk bimbingan umat manusia dan tidak akan ada menjadi agama lain yang mengikutinya. Ini adalah pengantar singkat tentang Islam dan sekarang kita akan membahas tokoh-tokoh kunci, doktrin, dan rukun Islam.

Tokoh Islam-Kunci

Ada dua tokoh kunci dalam Islam yang lebih penting dan tanpa mengetahuinya orang tidak dapat memulai pemahaman atau pengetahuan tentang agama Islam.

Tokoh kunci pertama dalam Islam adalah Allah SWT. Dia adalah Tuhan, Pencipta dan Pemelihara kehidupan di alam semesta ini dan juga Akhirat. Menurut kepercayaan umat Islam, Allah adalah satu-satunya Tuhan; Dia juga tidak memiliki orang tua, saudara kandung, atau anak-anak. Dia adalah Satu dan hanya tanpa pasangan.

Tokoh kunci kedua dalam Islam adalah Muhammad (SAW). Dia adalah Nabi terakhir Muslim dan Islam, Allah SWT mengungkapkan agama kepada-Nya. Ia dilahirkan pada tahun 570 di Makah dan ketika ia berusia 40 tahun, Dia menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. Wahyu ini, yang berlanjut selama dua puluh tiga tahun, dikenal sebagai Quran. Setelah itu, Dia secara resmi mulai mengabarkan Islam sampai usia 63 ketika Dia meninggal di Madinah. Bagi umat Islam, tidak ada orang lain di dunia ini yang lebih mengagumi dan menghargai selain Nabi Muhammad (SAW).

 Doktrin Islam

Di antara alasan penyebaran Islam yang cepat dan damai adalah kesederhanaan dari Ajarannya – Islam menyerukan iman hanya kepada Satu Tuhan yang patut dipuja untuk disembah. Islam memiliki doktrin dalam bentuk Alquran. Ini adalah Kitab Ilahi yang diturunkan pada Nabi Muhammad (SAW) selama periode 23 tahun dan berisi semua pedoman yang dibutuhkan umat Islam untuk tetap pada jalan kebenaran.

Islam adalah cara hidup alami yang mendorong seseorang untuk memperhatikan hubungan mereka dengan Tuhan dan ciptaan-Nya. Islam mengajarkan orang-orang beriman bahwa melalui perbuatan baik dan mencari keridhaan Allah SWT, jiwa menemukan kebahagiaan dan kedamaian sejati. Itulah sebabnya Allah telah mengungkapkan Quran pada Nabi Muhammad (SAW) di mana Allah telah menyebutkan semua hal yang harus kita lakukan untuk menyenangkan Yang Mahakuasa.

Al-Quran, Firman Allah yang diwahyukan terakhir, adalah sumber utama dari kepercayaan dan praktik setiap Muslim. Ini berhubungan dengan semua subyek yang menjadi perhatian kita sebagai manusia: kebijaksanaan, doktrin, ibadah, dan hukum, tetapi tema dasarnya adalah hubungan antara Allah dan makhluk-Nya. Ini juga memberikan pedoman untuk masyarakat yang adil, perilaku manusia yang layak, dan sistem ekonomi yang adil.

Doktrin terpenting kedua bagi orang beriman adalah Hadits Nabi Muhammad (SAW) yang merupakan kumpulan perkataan dan tradisi-Nya (SAW). Kita juga harus berkonsultasi dari Hadis karena di dalamnya semua hal-hal yang disebutkan yang dilakukan Nabi (SAW) dalam kehidupan-Nya. Orang-orang yang beragama Islam harus berkonsultasi tentang segala sesuatu mulai dari Quran dan Hadits.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *