Di Balik Cantiknya Sulaman Bordir Kerajinan Khas Puebla, Meksiko

Sulaman bordir yang berwarna-warni yang cantik adalah cindera mata ‘wajib‘ bagi traveler yang melancong ke Meksiko.

Bordir itu dapat menghiasi apa saja, boleh sapu tangan, scarf, blus, atau dress panjang. Memiliki pola yang khas, keelokan sulaman bordir Meksiko telah dikenal mancanegara.

Namun, tahukah anda bahwa banyak sekali sulaman bordir itu dihasilkan oleh penduduk lokal setempat?

Ya, di antara komunitas produsen sulaman bordir terbesar terdapat di Pahuatlán, Puebla. Jaraknya sekitar 4 jam berkendara dari Mexico City. Di Puebla, secara turun-menurun, warga menggantungkan hidupnya dari sulaman bordir.

Kebanyakan produsennya, ialah perempuan. Bukan sekadar menghasilkan uang, mereka pun mengganggap kegiatan ini ialah warisan budaya.

“Bagi saya, ini ialah bagian dari warisan budaya. Berkat (pekerjaan ini), saya dapat membesarkan anak-anak dan menyekolahkan mereka.

Menyulam sangat menolong (hidup) saya,” papar Dolorez Rodríguez, yang sudah menyulam semenjak kecil, dikutip Culture Trip.

Dolorez adalah seorang dari sekian perempuan Puebla yang menyulam semenjak dini. Irma for Hernández, sudah menyulam semenjak usia 7 tahun. Bibinya mengajarinya. Agar menghasilkan duit tambahan untuk keluarga. Hari-harinya diisi dengan rutinitas menyulam bordir.

“Sangat sulit menggali pekerjaan, terutama untuk perempuan. Untuk saya, menyulam mewakili semua hidup saya,” tutur Irma.

Begitu pentingnya sulaman bordir untuk hidup mereka, pola menarik dalam sulaman pun sarat makna. Seperti pola ‘pohon kehidupan’, berupa simbol dari pohon yang tumbuh di Garden of Eden, cerminan kehidupan surga di mana tumbuhan, hewan, dan manusia bersebelahan dalam damai.

Pola sulaman boardir khas Puebla, juga dapat berupa garis-garis geometris, hewan-hewan menyererupai tupai, kelinci, rusa, merpati sampai armadillo.

“Ada sejumlah pola yang berasal dari zaman dulu. Beberapa punya arti yang khusus, laksana pohon kehidupan atau burung merak yang adalahsimbol roh suci,” tutur Rosa Martínez, wanita asli Puebla yang pun menyulam semenjak kecil.

Kerajianan sulaman bordir dimanfaatkan warga asli untuk menggali uang semenjak 1960-an, ketika Meksiko merasakan krisis ekonomi. Warisan kebiasaan itu juga dijadikan komoditas ekonomi dan menjadi pesona pariwisata.

Sulaman bordir untuk keperluan komersial seringkali menggunakan kain katun putih. Karya komunitas pesulam di Puebla dapat ditemukan di semua Meksiko dan telah tidak sedikit diekspor ke mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *