Konsep Dasar Harus di Pahami

Dengan pertumbuhan mencapai 30% per tahun, komputasi awan kini menjadi komponen penting perusahaan di Indonesia. Tak heran jika kebutuhan SDM di bidang komputasi awan seperti Cloud Engineer, Cloud Architect, dan Cloud Administrator kini juga semakin besar. Salah seorang yang berhasil berkecimpung di area komputasi awan adalah Yuandra Ismiraldi. Saat ini, pria yang menyandang gelar Master dari University of Melbourne ini berprofesi sebagai Head of Cloud di Bukalapak. Tugas utama Yuandra adalah mengelola platform infrastruktur Bukalapak yang berbasis cloud-native seperti container dan Kubernetes. Menengok ke belakang, Yuandra mengaku sudah tertarik dengan dunia teknologi sejak masih duduk di bangku SMA. Waktu itu pelajaran favorit saya adalah komputer, cerita Yuandra. Ketertarikan dengan komputer inilah yang mendorong Yuandra memilih kuliah Teknik Informatika di ITB.

Lulus kuliah, saya memulai karier dengan mengerjakan beberapa jenis pekerjaan dengan domain teknologi yang berbeda-beda, seperti mobile apps, big data, cloud, dan infrastruktur,ā€¯ungkapnya. Karena profesi di bidang komputasi awan termasuk baru, media untuk pembelajaran dan menguasai keterampilan seputar cloud memang masih tergolong langka. Meskipun demikian, Yuandra mengatakan kemampuan yang dimilikinya saat ini berasal dari banyaknya ia membaca buku dan menonton video tech talks teknologi cloud di YouTube. Setelah belajar, biasanya itu dilanjutkan dengan mencoba sendiri apa yang sudah dipelajari, jelas Yuandra. Yuandra juga menjelaskan, hal terpenting dalam menguasai sebuah teknologi adalah menguasai konsep dasar teknologi tersebut. Dirinya mengakui sebagian besar konsep dasar teknologi dari profesinya saat ini sudah didapat saat menempuh pendidikan S1-nya dahulu.

Kenyataannya, pada awal menguasai konsep itu ada banyak yang harus dipelajari dan selalu ada hal baru sehingga kadang bingung untuk mulai belajar dari mana. Akan tetapi, saya selalu punya semangat untuk mempelajari teknologi tersebut, ujarnya. Ketika ditanya tantangan utama di posisinya saat ini, Yuandra menyebut soal skalabilitas. Sekarang ini, tantangannya adalah bagaimana bisa membuat suatu teknologi yang dapat berkembang secara skala dan kapasitas, sesuai dengan pertumbuhan penggunaan dari teknologi tersebut, papar Yuandra. Bagi mereka yang ingin memiliki profesi seputar komputasi awan, Yuandra memberikan tips menarik. Saat mempelajari teknologi baru seperti cloud computing, Anda tidak hanya harus berpikir secara luas. Anda juga harus memahami secara mendalam mengenai konsep dasar dari teknologi yang dipelajari tersebut, pungkasnya.

SEO Juga Harus di Pelajari Dasarnya

Bila anda penggiat marketing online dan memilih menempuh jalur strategi SEO ketimbang menggunakan iklan online dalam memasarkan produk, sebelum memulainya pelajari terlebih dulu dasar-dasar dari strategi SEO tersebut. Banyak sekali hal yang harus anda pelajari, sebab jika salah sedikit saja situs yang sedang di optimasi justru malah terkena pinalti dari algoritma google.

Namun bagi sebagian orang yang memiliki cukup modal lebih memilih menggunakan jasa seo paling murah di semarang agar tidak repot-repot mempelajari SEO yang memang terbilang rumit. Dengan menggunakan jasa tersebut, kita hanya duduk manis dan menunggu hasilnya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *